Tips Untuk Membeli Laptop Baru

Tips Untuk Membeli Laptop Baru

Setelah sekian lama engga posting di sini, gara-gara fokus di website sebelah tipstrikaulia.com, dan sempet down juga gara-gara pas liat blog ini ga ada ads-nya (kirain udah dicabut sama Google). Akhirnya, hari ini pas buka blog, ternyata ads-nya masih ada, dan syukur alhamdulillah ternyata nilainya naik :') jadi semangat lagi buat posting. Ya meskipun blog ini isinya random. Ada review, lomba blog, cerita, tips trik, alias niche gado-gado, tapi karena ini website pertamaku, rasanya sedih juga kalo harus ninggalin. Kayaknya ngga bakal aku tinggal lagi, minimal sebulan ada 2 yang aku share deh ya.

Kali ini aku mau kasih tips untuk membeli laptop baru. Buat kamu yang lagi bingung mau beli laptop baru atau masih bimbang mau ganti laptop atau engga, silahkan baca artikel ini yaa.

Tips Untuk Membeli Laptop Baru

1. Pastikan Apa Ini Keinginan atau Kebutuhan

Tips nomor 1 ini sebenernya bahasa halus dari pertanyaan "Beli laptop baru buat apa?" atau "Alasan mau beli laptop baru apa?". Well, kalau jawabannya :
  • Bosen!
  • Pengen yang baru aja.
  • Pengen laptop bagus biar ga malu.
  • Ngikutin trend.
  • Udah penuh memorinya.
  • Dan sejenis itu
Aku sih cuma bisa bilang "oh cuma keinginan aja ya". Kalau jawaban dari pertanyaan yang di atas itu jawabannya kayak gitu, mending jangan beli laptop baru. Kalau jawabannya kayak gitu ya yang sabar aja. Jangan selalu liat ke atas. Selama laptop kamu masih bisa digunain, ya buat apa sih beli yang baru? Ngabisin uang.

Tapi, kalau jawaban dari pertanyaan "Beli laptop baru buat apa?" atau "Alasan mau beli laptop baru apa?" kayak gini :
Spek laptopnya kurang buat ngerjain tugas atau bikin aplikasi atau yaa spesifikasi laptopnya kurang buat menunjang sekolah atau kerjaan
Kalau ini masih wajar. Kamu masih bisa nimbang-nimbang buat beli laptop baru. Kalau tugas atau kerjaan terhambat gara-gara laptop kan sayang juga. Berarti ini termasuk ke "kebutuhan". Kamu bisa mulai nabung (atau minta beliin tapi jangan ngebebanin :D) buat beli laptop baru.

Selalu pastiin dan inget! Kalau
KEINGINAN = JANGAN BELI
KEBUTUHAN = SILAHKAN 

2. Cek Kelayakan Laptop Lama

Sebenernya, yang nomor 2 ini juga mirip-mirip sama yang nomor1. Sebelum putusin buat beli laptop baru atau engga, cek dulu kenapa kamu harus beli laptop baru? Emangnya laptop yang lama kenapa? Kalau :

  • Speknya kurang mumpuni = cari laptop yang speknya mumpuni + terjangkau
  • Spek oke tapi memorinya kepenuhan = beli hardisk eksternal aja pindahin datanya kesana (atau yang lebih terjangkau, beli hardisk internal+case adapter-nya, jadi deh hardisk eksternal)
  • Jadul abis = cek tips nomor 1
  • Ngelag terus = coba install ulang!
  • RAM-nya kurang = tambah ram-nya (FYI, laptopku CORE i3 RAM 2GB, tambah RAM 4GB jadi 6GB, buka product Adobe, 2 browser, camtasia recorder+studio, PES 2015 barengan, lancar-lancar aja hehe)
See, kalau laptop kamu masih layak pakai, buat apa beli yang baru? Jangan gengsi guys. Kalau laptop udah bener-bener usang, rusak, ya baru beli.

3. Pastikan Budget Kamu Cukup

Yang terakhir, mau beli apa pun sih emang harus cek ini. Budget yang kamu punya berapa? Udah cukup belum buat belinya? Kalau belum, yuk nabung. Untuk budget ini ada 2 cara yang biasanya dilakuin:
  • Cari laptop > ngumpulin uangnya > beli
  • Punya uang berapa > cari laptop yang seharga sama uang yang dipunya > beli
Nah, kamu bisa pilih mau pake cara yang mana? Mau cari dulu laptopnya yang gimana atau mau sesuaiin sama budget yang kamu punya?

4. Beli Laptop Bekas

Loh, judulnya kan laptop baru? Kok ini beli laptop bekas? Nah, pasti ada laptop bekas yang masih oke banget. Spek bagus tapi harganya lebih terjangkau, kan lumayan. Dari pada beli laptop baru yang harganya bisa melambung, laptop bekas tapi masih bagus lebih menguntungkan dan hemat kan?

Itu dia Tips Untuk Membeli Laptop Baru dari Aulia. Selalu pastiin ke-3 tips itu kamu cek dulu yaa. Dan jangan dibiasain beli barang apalagi "elektronik" dengan cuma-cuma ya. Perlu banyak pertimbangan untuk beli. Jangan cuma beli hanya buat "gaya" tapi bener-bener harus bisa dimanfaatin sebaik mungkin. Semoga bermanfaat! :)

No comments:

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Powered by Blogger.